Minggu, 21 Februari 2016

Waspada Penyakit Chikungunya



Mendengar nama penyakit chikungunya mungkin kamu agak merasa aneh, penyakit itu?Penyakit chikungunya merupakan virus yang dapat menyerang tubuh manusia melalui gigitan nyamukaedes aegypti.
Nah, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan nama nyamuk ini. Ya, nyamuk ini juga membawa penyakit demam berdarah. Maka dari itu, banyak orang yang keliru mendiagnosis antara penyakit chikungunya dengan penyakit demam berdarah.

Penyakit chikungunya dapat menyerang siapa saja, biasanya penyakit ini menyerang suatu daerah atau wilayah yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Penyakit ini mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1973 di kota Samarinda dan terus menjalar hingga ke kota lainnya. Bahkan, banyak penderita chikungunya yang sudah tidak bisa tertolong lagi sehingga berujung dengan kematian.
Penyebaran virus chikungunya ini hanya melalui gigitan nyamuk saja, jadi tidak bisa menyebar melalui manusia sebagai perantaranya. Kamu harus waspada deh, karena nyamuk aedes aegypti sering menyerang pada siang hari.
Selain itu, nyamuk ini bisa menyerang di luar dan di dalam ruangan sehingga siapapun yang berada di dekat nyamuk ini bisa langsung digigit dan tertular virus chikungunya.

Berikut ini beberapa gejala yang dialami oleh penderita chikungunya :
  • Demam
Gejala paling utama dari penyakit chikungunya adalah demam. Biasanya demam ini berupa badan menggigil atau meriang seperti kedinginan.
  • Sakit kepala
Penderita chikungunya pada awalnya akan merasa sakit kepala yang tidak tertahankan.

  • Timbul bintik merah
Setelah demam menyerang akan timbul bintik merah pada kulit si penderita. Bintik merah ini menempel di seluruh tubuh si penderita.
  • Merasa sering lelah
Karena daya tahan tubuhnya sudah terserang, penderita chikungunya akan merasa kelelahan dan lemas.
  • Nyeri pada bagian otot dan mual
Jika chikungunya yang dialami oleh si penderita sudah parah, maka si penderita akan merasa nyeri pada beberapa bagian ototnya sehingga sulit untuk bergerak. Selain itu,nyeri ini juga disertai dengan rasa mual yang sangat menekan.

Pengobatan terbaik untuk penderita chikungunya yaitu dengan berobat ke rumah sakit terdekat. Biasanya penderita akan diberikan cairan inpus yang berfungsi sebagai obat dan juga makanan sehingga asupan vitamin untuk si penderita tetap terjaga.
Selain itu, cairan ini juga mengatasi dehidrasi pada tubuh yang disebabkan oleh virus chikungunya. So, tetap waspada ya, Dears!