Minggu, 21 Februari 2016

Kenapa Sih Mata Bisa Bintitan?



Apakah matamu pernah bintitan? Pasti enggak enak banget kan. Bintitan merupakan bintil yang timbul dibawah kelopak mata yang bentuknya seperti jerawat atau bisul. Pada umumnya bintitan muncul di salah satu mata saja dan tidak mempengaruhi penglihatan. Jadi kamu enggak perlu khawatir jika bintitan menyerang, karena memang tidak berbahaya bagi kesehatan matamu.
Mungkin kamu merasa kurang pede ketika sedang bintitan. Yups, gimana enggak? Wong.. mata kamu ada jendolannya, jadinya dapat merusak penampilan deh. Bintitan dapat muncul di bagian luar dan bagian dalam mata, tapi biasanya bintitan yang muncul di bagian dalam kelopak mata  yang terasa lebih sakit dan juga cukup gatal.
Dahulu, banyak orang yang beranggapan kalau bintitan itu karena sering mengintip orang mandi…hehe. Sebenarnya, bintitan itu disebabkan oleh bakteri yang bernama stafilokokus. Bakteri ini biasanya hidup di dalam kulit manusia dan tidak menimbulkan penyakit apapun. Namun, kamu harus hati-hati, bintitan bisa bertambah parah jika kamu memegang mata yang bintitan dengan tangan kotor.
Beberapa gejala yang merupakan indikasi mata bintitan :
  • Mata menjadi berair dan berwarna kemerahan
  • Timbul jendolan di bagian kelopak mata
  • Banyak kotoran atau belek disekitar area bola mata
Sebenarnya mata bintitan akan hilang sendiri sampai jendolannya itu pecah dan keluar nanah. Biasanya, jangka waktu hilangnya bintitan selama 7-20 hari, sehingga tidak diperlukan penanganan secara medis. Namun, kamu juga mesti waspada, karena resiko terjadinya komplikasi juga ada loh. Jangan pernah kamu pencet bintitan yang ada di matamu, biarkan bintitan pecah sendiri.
Beberapa langkah pengobatan yang bisa kamu ambil untuk mengobati bintitan :
Kompres dengan air hangat
Ketika bintitan menyerang segera kompres dengan air hangat untuk menghilangkan rasa gatal dan juga menahan tekanan pada kelopak matamu. Lakukan cara ini 3-6 kali setiap hari.
Hindari penggunaan kosmetik di area mata
Jika kamu sering menggunakan kosmetik kemanapun kamu pergi, maka sebaiknya kamu hindari pemakaian kosmetik di area mata yang terkena bintitan, karena bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik dapat memperparah bintitan di mata kamu.
Biasakan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mata agar kamu terhindar dari bintitan. Hindari kontak langsung dengan tangan yang kotor. Jika matamu sehat tentunya penglihatan kamu menjadi lebih baik dan penampilan kamu menjadi lebih menarik, dear.