Minggu, 21 Februari 2016

Mengenal Penyakit Vertigo



Penyakit vertigo menyerang bagian kepala, yakni si penderita merasa sangat pusing seakan-akan sekelilingnya terasa berputar, sehingga membuat ia menjadi tidak kuat untuk berdiri dalam waktu yang lama. Penyakit vertigo ada yang ringan,  ia akan merasa pusing sesaat atau beberapa detik. Namun, ada juga vertigo yang berat, kondisi tersebut membuat penderita mengalami pusing dalam waktu yang cukup lama dan bahkan berhari-hari, sehingga seringkali membuatnya tidak mampun melakukan aktivitasnya sehari-hari. Penderita vertigo terkadang dihinggapi rasa pusing, mual, bahkan terasa sangat sulit untuk berdiri.
Kalau kamu pernah mengalami beberapa gejala vertigo diatas sebaiknya segera konsultasikan ke dokter supaya kamu bisa mengetahui tingkat vertigo yang kamu alami. Biasanya vertigo tidak langsung menyerang seluruh bagian kepala, bisa saja kamu merasa pusing di kepala bagian depan, belakang, maupun bagian samping kepala.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab timbulnya penyakit vertigo :
  • Migrain parah
Vertigo biasanya diawali dengan migrain parah atau pusing yang sudah tidak tertahankan sama sekali
  • Minuman beralkohol
Kandungan zat kimia yang ada di dalam minuman beralkohol juga dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit vertigo. Maka dari itu, tidak heran jika orang yang mabuk selalu merasa pusing karena zat pada minuman beralkohol yang mempengaruhi sel-sel otak.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
Orang yang mengalami masalah kelebihan berat badan memiliki risiko menderita penyakit vertigo. Hal ini dikarenakan, obesitas dapat memicu terjadinya hipertensi atau meningkatnya tekanan darah sehingga kepala terasa sangat pusing.

  • Gangguan sirkulasi darah
Vertigo juga bisa disebabkan karena terhambatnya sirkulasi darah menuju otak. Beberapa faktor yang dapat menghambat sirkulasi darah diantaranya obat-obatan dosis tinggi, rokok, kolesterol jahat dan lainnya.
  • Tumor Otak
Jika vertigo yang dirasakan semakin parah maka bisa saja disebabkan adanya gangguan pada otak salah satunya adalah tumor otak.
Pengobatan untuk penyakit vertigo ini tergantung dari jenis atau tingkatan vertigonya. Ada yang bisa sembuh sendiri, tapi ada juga yang membutuhkan latihan khusus dalam suatu terapi untuk menghilangkan rasa sakit yang timbul akibat vertigo.